Kendala Hosting

Cara Mengatasi Kendala Hosting yang Perlu Anda Ketahui!

Saat menggunakan situs, tidak jarang mengalami kendala hosting. Hosting itu sendiri seperti wadah untuk menyimpan data website Anda. Hosting bersumber dari penyedia layanan web tempat Anda menyewa ruang di server mereka agar situs web selalu online.

Kendala Hosting biasanya ditandai dengan situs web yang lambat untuk diakses, situs web yang mengalami kesalahan yang tidak dapat diakses sama sekali. Kondisi ini harus dipicu oleh suatu sebab. Setiap website pasti pernah mengalami masalah dengan hosting yang digunakan. Satu-satunya perbedaan adalah seberapa sering masalah terjadi.

Kendala Hosting umum

Cara Mengatasi Kendala Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda mengalami masalah saat menggunakan situs web, jangan panik. Lebih baik temukan penyebab masalahnya. Biasanya, masalah hosting ditemui yang menyebabkan kesalahan situs web karena penyebab berikut:

Lalu lintas tinggi pada saat bersamaan

Terkadang Kendala Hosting tiba-tiba. Ini bisa jadi karena promosi di situs web Anda atau publikasi artikel tentang topik viral. Wajar saja, hal ini membuat server hosting kewalahan memproses permintaan data atau informasi dari pengunjung web. Akibatnya, website Anda akan menjadi lambat atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali.

Server juga memiliki skill masing-masing. Saat menggunakan shared hosting, mau tidak mau Anda harus berbagi ruang server dengan tenant hosting lain. Shared hosting memang lebih murah, namun ketika traffic website meledak dan memaksa server bekerja lebih keras, dampaknya juga akan dirasakan oleh tenant hosting lainnya. Jadi, sebelum memilih layanan hosting, Anda harus mempertimbangkan ukuran situs web Anda agar tidak ada masalah dengan hosting.

Daripada shared hosting, lebih murah menggunakan VPS hosting. Jenis hosting ini menawarkan server virtual untuk setiap penggunanya dari satu server fisik. Meskipun sama-sama shared hosting, masing-masing akun shared hosting mendapatkan sumber daya pribadi, yang membuatnya cocok untuk situs web yang membutuhkan sumber daya besar. VPS hosting adalah salah satu layanan hosting yang disediakan oleh Niagahoster, penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia.

Masalah dengan DNS

Situs web yang mengalami kesalahan saat mengaksesnya mungkin memiliki masalah dengan DNS mereka. DNS itu sendiri adalah sebuah sistem dimana segala macam informasi yang berhubungan dengan host atau nama domain disimpan dalam bentuk database terdistribusi pada jaringan internet. Ini memberikan alamat IP untuk setiap nama domain dan mencatat setiap server penerusan email yang menerima email untuk setiap nama domain.

Websitenya error sampai crash, bisa jadi karena DNSnya crash atau down. Untuk menghindarinya, periksa DNS situs web secara teratur. Dalam hal ini, Anda dapat memeriksa ke cPanel atau meminta bantuan CS.

IP diblokir

Pemblokiran alamat IP terjadi karena alamat IP koneksi komputer yang Anda gunakan diduga melanggar ketentuan layanan yang berlaku pada penyedia layanan web hosting. Firewall server memblokir alamat IP sebagai perlindungan terhadap server dari DOS. Serangan DOS ini menargetkan server atau komputer melalui Internet.

Kendala Hosting Ini adalah serangan berbahaya karena dapat menguras sumber daya komputer dan mencegah akses gratis ke situs web Anda. Solusi untuk alamat IP yang diblokir adalah dengan menghubungi penyedia layanan hosting Anda. Setelah membuka kembali alamat IP Anda, segera lakukan perbaikan pada situs web untuk mencegah masalah yang sama terjadi lagi.