belajar dasar videografi

Belajar Dasar Videografi untuk Hasil Memukau

Mempelajari seni tentu harus memahami dasar-dasarnya terlebih dahulu, begitu juga dengan belajar dasar videografi. Videografi merupakan suatu media untuk merekam keadaan dalam satu gambar berbentuk video atau suara.

Dalam membuat suatu karya, setiap keadaan yang direkam akan melalui proses editing sesuai kebutuhan. Komponen videografi seperti efek, filter, teks, suara, dan lainnya juga akan ditambahkan.

belajar dasar videografi
belajar dasar videografi

Belajar Dasar Videografi yang Perlu Dipelajari

Saat membuat suatu karya dibutuhkan teknik dasar videografi. Teknik ini berguna untuk menghasilkan karya yang lebih berkualitas sehingga layak publikasi. Seorang fotografer wajib menguasai teknik-teknik seperti di bawah ini.

BACA JUGA:  7 Teknik Dasar Videografi yang Perlu Dikuasai Pemula

1. Teknik Pengambilan Gambar

Belajar dasar videografi pertama yaitu saat pengambilan gambar. Seorang fotografer harus bisa mengambil gambar secara konsisten dan teratur agar dapat menghasilkan video yang baik.

Anda juga dapat menggunakan lebih dari satu kamera agar bisa mendapatkan hasil proporsional, menghemat waktu, serta untuk mendapat gambar dari berbagai arah.

Anda perlu memperhatikan posisi saat pengambilan gambar untuk menjaga keseimbangan gambar di kamera, buat sudut fokus semenarik mungkin agar bisa menghasilkan video yang dapat dinikmati penonton.

2. Teknik Zoom

Belajar videografi kedua adalah saat perbesar gambar. Terlalu banyak zoom dapat membuat kualitas video menjadi kurang dan terlihat amatir, sehingga perlu porsi yang tepat agar hasilnya tidak membosankan.

BACA JUGA:  Rekomendasi Podcast Komedi Indonesia yang Terbaik

3. Teknik Frame

Teknik selanjutnya yaitu dalam framing. Sesuaikan dengan frame yang tersedia karena dapat memberikan kesan menarik dan menyatu. Video jangan terlalu fokus dengan subjek saja agar tidak menimbulkan kesan monoton dan membosankan.

4. Teknik Pengambilan Sudut Gambar/Angle

Belajar dasar videografi yang tidak kalah penting adalah dalam pengambilan sudut gambar atau angle. Dalam pengambilan angle berbeda biasanya menggunakan footage.

Untuk hasil maksimal perlu pengambilan gambar dengan memperhatikan jarak pandang. Angle yang berbeda dapat memberikan hasil yang lebih menarik serta memberikan detail pada subjek tertentu. Selain itu juga dapat memberikan inti informasi kepada penonton.

BACA JUGA:  2 Manfaat Penggunaan Videografi Bagi Para Pelajar

5. Menghindari Penggunaan Efek dan Backlight

Menghindari penggunaan efek serta backlight juga menjadi salah satu teknik dasar videografi. Penggunaan efek dapat dilakukan saat proses editing sedangkan backlight dapat membuat subjek lebih gelap dan tidak terlihat jelas.

Itu dia beberapa cara belajar tentang videografi yang bisa dilakukan. Setidaknya lima teknik-teknik di atas merupakan cera belajar dasar videografi yang harus Anda pahami saat akan melakukan pengambilan gambar.