teknik dasar videografi

7 Teknik Dasar Videografi yang Perlu Dikuasai Pemula

Teknik dasar videografi merupakan skill utama yang perlu dikuasai oleh Anda yang baru belajar bidang ini. Dari teknik dasar ini, nantinya akan berkembang menjadi skill yang lebih profesional.

Sehingga, hasil video jauh lebih berkualitas dan enak untuk dilihat. Selama ini banyak orang yang beranggapan menjadi videografer adalah pekerjaan mudah karena hanya perlu merekam saja.

Padahal kenyataannya tidak demikian. Sebab, dalam kegiatan merekam tersebut ada teknik khusus yang memerlukan skill mumpuni. Oleh sebab itu, sebelum terjun ke dunia videografi pastikan Anda sudah tahu teknik dasarnya. Untuk mengetahui selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini.

teknik dasar videografi
teknik dasar videografi

Teknik Dasar Videografi untuk Pemula

Akhir-akhir ini videografi memang sedang banyak diminati. Bahkan, banyak orang yang ingin menjadi videografer profesional. Tapi sebelum itu, pastikan Anda sudah memiliki skill dasar yang kuat dan mumpuni. Berikut ini adalah skill dasar yang harus dikuasai jika ingin menjadi videografer profesional:

  1. Teknik pengambilan gambar yang proporsional dan konsisten, sehingga hasilnya lebih enak dilihat. Dalam teknik ini Anda perlu memperhatikan posisi kamera agar gambar lebih seimbang.
  2. Teknik frame bertujuan untuk memberikan kesan menyatu dan menarik. Sebab, video yang hanya berfokus pada subjek akan memberikan kesan monoton dan membosankan bagi audiens.
  3. Teknik dasar videografi berikutnya adalah zoom atau perbesaran gambar memang sangat diperlukan dalam pengambilan gambar. Penggunaan teknik zoom yang sesuai dan tepat dapat membuat video lebih menarik.
  4. Pengambilan angle dari beberapa sudut tertentu akan memberikan hasil yang lebih dinamis dan tidak membosankan. Salah satu tujuan dari teknik ini adalah untuk memberikan detail pada subjek tertentu.
  5. Wide shot ditujukan untuk pengambilan latar belakang dengan cara membidik hal detail. Misalnya saja cahaya lampu, bunga, atau lainnya.
  6. Teknik dasar videografi penggunaan efek dapat meningkatkan kualitas video. Tapi, penggunaannya harus tetap menyesuaikan dengan komponen yang ada dalam video tersebut.
  7. Menghindari backlight merupakan teknik penting yang perlu dimiliki videografer. Backlight sendiri adalah istilah saat cahaya matahari membelakangi subjek.
BACA JUGA:  2 Manfaat Penggunaan Videografi Bagi Para Pelajar

Jika memang Anda ingin menjadi videografer profesional, maka setidaknya harus memiliki skill dasar. Caranya adalah dengan menguasai teknik dasar videografi dan mengembangkannya menjadi skill mumpuni.