teknik videografi untuk pemula

5 Teknik Videografi untuk Pemula yang Perlu Diketahui

Semakin menjamurnya konten dalam sosmed digunakan sebagai digital marketing, kini teknik videografi untuk pemula sering dicari. Bagi Anda yang ingin belajar dan memulai karir di bidang tersebut, kami akan menjelaskannya.

Bahkan, orang berlomba-lomba untuk mempelajari trend dari dunia digital ini. Memang semakin berkembangnya zaman, manusia dituntut bisa lakukan adaptasi dan menyesuaikan diri dengan kemunculan perubahan.

Salah satunya adalah dengan belajar teknik videografi bagi pemula, sehingga Anda dapat menempatkan diri pada perubahan. Hal yang paling utama untuk diketahui mengenai Teknik ketika pengambilan gambar.

teknik videografi untuk pemula
teknik videografi untuk pemula

Pahami 5 Teknik Videografi untuk Pemula

Videografi adalah sebuah karya seni yang dituangkan pada bentuk rekaman untuk mengambil suatu gambar ke dalam suara atau video. Berikut akan kami jelaskan teknik-teknik pengambilan gambar yang wajib Anda pahami.

BACA JUGA:  2 Manfaat Penggunaan Videografi Bagi Para Pelajar

1. Pengambilan gambar beberapa sisi

Ketika akan merekam dengan kamera, usahakan memiliki beberapa sebagai bentuk pengambilan gambar pada beberapa sisi. Hal ini dikarenakan sisi pengambilan yang berbeda akan memperlihatkan tiap adegan dengan jelas dan detail.

2. Sebaiknya jangan gunakan zoom

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula ialah mengambilnya dengan kondisi zoom. Sehingga kondisi gambar atau video menjadi tidak stabil, jika menggunakan teknik videografi untuk pemula ini sebaiknya lakukan dengan perlahan agar hasilnya juga jelas.

BACA JUGA:  7 Teknik Dasar Videografi yang Perlu Dikuasai Pemula

3. Jangan takut tempatkan subyek

Biasanya seorang pemula khawatir jika subyek tidak berada di tengah-tengah gambar. Ketidaksesuaian dengan posisi kanan dan kiri akan membuatnya takut mengambil gambar, usahakan lakukan pengambilan dengan rileks dan jangan tergesa-gesa.

4. Ambil secara detail

Jika Anda ingin memakai teknik videografi untuk pemula wide shot dengan memberikan petunjuk lokasi, tapi tetap perhatikan objek sekeliling secara detail. Sehingga makna dalam foto maupun video tetap tersampaikan kepada khalayak yang melihatnya.

BACA JUGA:  Rekomendasi Podcast Komedi Indonesia yang Terbaik

5. Jangan sampai backlight

Kesalahan berikut juga sering dilakukan pemula, ketika tidak mampu untuk menyesuaikan cahaya. Sinar matahari membelakangi subjek sehingga ketika diambil gambar atau video menjadi tidak jelas.

Di atas adalah cara-cara dasar yang bisa Anda terapkan untuk memotret atau melakukan perekaman. Tidak heran jika kini teknik videografi untuk pemula menjadi media pembelajaran semakin diminati dikarenakan perubahan zaman.