class="besthost">
tata cara sholat idul adha dirumah

Tata Cara Sholat Idul Adha Dirumah Lengkap dengan Cara Khutbahnya

Pemerintah melalui kementerian agama (KEMENAG) telah menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijah 1443 akan jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. Namun, di sisi lain kasus penyebaran covid 19 masih meningkat di beberapa wilayah sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan sholat ied berjamaah. Untuk itu warga bisa melakukan secara mandiri di rumah dengan syarat sudah memahami tata cara sholat idul adha dirumah.

Dalam upaya mengantisipasi penularan virus corona ini pemerintah sigap dengan menerbitkan surat edaran terkait pelaksanaan sholat idul adha.

Kalian yang wilayahnya masih dalam situasi genting juga dapat mengganti sholat idul adha berjamaah dengan melaksanakan sholat ied di rumah.

Namun, jika kalian belum mengetahui tata cara sholat idul adha dirumah kalian bisa mengikuti langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Tata Cara Sholat Idul Adha Dirumah

tata cara sholat idul adha dirumah

Menurut 4 madzhab yang dipakai di Indonesia, sholat ied ini memang sebaiknya dilakukan secara berjamaah di masjid maupun di ruangan yang lapang. Tapi di situasi yang sedang genting ini pelakasanaan sholat ied di masjid secara bermjamaah ditiadakan untuk sementara. Sebagai gantinya, kalian tetap dapat melaksanannya di rumah bersama keluarga.

Lantas bagaimana tata cara sholat idul adha dirumah ? berikut cara sholad ied sendiri di rumah :

1. Niat Sholat Idul Adha

2. Membaca Takbiratul Ikhram dilanjutkan pembacaan do’a Iftitah

3. Takbir zawaid 7x di rokaat pertama dan 5x di rakaat kedua

4. Membaca “Subhanallah wal hamdu lillah wa laa ilaha illalla wallahu akbar” setiap setelah takbir

5. Membaca al-fatihah dilanjutkan dengan membaca surat tambahan.

6. Sholat dilakukan sebagaimana sholat pada umumnya, yang membedakan yaitu adanya takbir

Tata Cara Khutbah Idul Adha Dirumah

cara sholat idul adha di rumah

Kemudian setelah melaksanakan sholat idul adha sendiri di rumah bersama keluarga maka dianjurkan untuk melakukan khutbah, berikut tata cara khutbah idul adha dirumah yang baik dan benar :

BACA JUGA:  Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hari Besar Umat Islam Sedunia

1. Muqadimah khutbah dengan memuji Allah SWT.

2. Dilanjutkan membaca sholawat Nabi.

3. Khatib menyampaikan wasiat ketakwaan.

4. Membaca untaian ayat al-qur’an.

5. Diakhiri dengan mendoakan umat muslim.

Jika situasi dan kondisi penularan virus ini masih banyak, maka tata cara sholat idul adha sendiri dirumah ini dapat kalian lakukan untuk mengganti sholat ied berjamaah di masjid. Tata cara ini juga tersedia di berbagai aplikasi panduan dholat ied, jika kalian ingin lebih penjelasan yang lebih luas, kalian dapat mengunduhnya DISINI.