class="besthost">
Syarat sholat idul adha

Syarat Sholat Idul Adha Yang Wajib Diketahui, Jika Ingin Sholatnya Sah !

Idul Adha tidak lama lagi akan datang, umat muslim seluruh dunia pun akan melaksanakan sholat ied ini. Tapi tak banyak orang yang memahami syarat sholat idul adha yang menyebabkan sholat mereka tidak sah.

Bagi sebagian kaum muslimin yang sedang menjalankan ibadah haji akan melaksanakn wukuf di padang arofah, sementara itu kaum muslim yang lainnya melaksanakan serangkaian ibadah qurban dan sholat idul adha.

Sholat idul adha dilaksanakan dengan ketentuan dan syarat-syarat yang wajib diperhatikan. Karenanya sangat penting untuk diketahui agar ibadah sholatnya bisa menjadi lebih sempurna.

Untuk itu kami disini akan menjelaskan kepada kalian semua khususnya umat muslim yang membaca postingan ini, perhatikan syarat-syarat ini jika ingin sholat ied kalian sah dan dapat diterima di sisi Allah SWT.

Syarat Sholat Idul Adha yang Wajib diketahui

syarat solat idul adha dan idul fitri

Dengan mengetahui Syarat Sholat Idul Adha maka ibadah sunah muakad ini akan lebih sempurna dan mudah diterima di hadapan Allah SWT. Berikut syarat-syaratnya menurut Madzhab Syafi’i :

1. Sholat Dilakukan Setelah Matahari Terbit

Yang pertama yaitu dilakukan setelah matahari terbit di ufuk timur dan dianjurkan untuk melangsungkannya di masjid selagi masih bisa menampung jamaah.

Waktu pelaksanaan di Indonesia biasanya jam 6 atau di waktu-waktu orang-orang melakukan sholat dhuha. Untuk niatnya sendiri “Usholli Sunnata Iidil Adha Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Ma’muman Lillah Ta’aala”

2. Sholat Dilakukan Secara Berjamaah

Walaupun kategori sholat sunnah, namun sebaiknya sholat idul adha ini dilakukan secara berjamaah agar lebih menghayati semua nasihat-nasihat yang dipaparkan oleh khotib. Tapi jika berhalangan untuk hadir dan berjamaah di masjid, maka sholat idul adha juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

BACA JUGA:  Contoh Naskah Khutbah Idul Adha 2022

3. Adanya Khutbah Setelah Sholat

Sama seperti halnya sholat idul fitri, idul adha pun harus disertakan khutbah jika sholatnya ingin menjadi sah. Dan jamaah dianjurkan untuk mendengarkannya sampai selesai.

Khutbahnya sendiri harus menyertakan ajakan taqa untuk khotib dan jamaahnya, karena ini merupakan syarat sah yang harus dilakukan di setiap khutbah sholat idul fitri maupun adha.

Itu dia ulasan kami tentang Syarat Sholat Idul Adha, kamu juga dapat mendowload aplikasi seputar syarat, rukun niat dan panduan sholat idul adha DISINI!