mengatur keuangan keluarga

5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Secara Efektif

Mengatur keuangan keluarga merupakan salah satu perencanaan penting dalam kehidupan rumah tangga. Pengaturan secara matang dan cermat, akan memudahkan Anda untuk mencapai tujuan finansial.

Dalam kehidupan berkeluarga, perencanaan finansial merupakan metode efektif dan efisien untuk mencapai harapan di masa depan. Ketika sudah menikah, pengaturan pada setiap kebutuhan rumah tangga merupakan tanggung jawab sentral seorang perempuan.

Meskipun bukan perkara mudah, pengaturan keuangan secara benar dapat membantu terpenuhinya keseluruhan kebutuhan dalam rumah tangga. Manajemen keuangan yang buruk dapat berdampak pada keharmonisan rumah tangga.

mengatur keuangan keluarga
mengatur keuangan keluarga

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Anda, Secara Baik dan Benar

Tidak ada rumus pasti untuk mengatur kondisi finansial dalam suatu rumah tangga. Namun pengaturan sekaligus dapat menjadi solusi agar tidak boros, berikut cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Semua Pemasukan dan Pengeluaran, Dicatat

Melakukan penghitungan dan pencatatan finansial secara rapi, merupakan hal terpenting dalam mengatur keuangan keluarga. Untuk menjaga pengeluaran selalu terkontrol, selalu catat secara rinci setiap pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan.

  1. Tentukan Prioritas Keuangan dalam Rumah Tangga

Anda dapat membuat daftar prioritas kebutuhan keluarga selama sebulan, agar pengaturan finansial berjalan efektif. Hal ini akan membantu alokasi pengeluaran dana dengan lebih rapi dan tertata.

Hal yang masuk dalam daftar prioritas antara lain biaya makan harian, belanja dapur, tagihan listrik air transportasi, pendidikan anak, hingga cicilan. Barulah ketika kebutuhan primer terpenuhi, anda dapat membuat daftar kebutuhan tersier.

  1. Siapkan Dana Darurat

Dalam mengatur keuangan keluarga, dana darurat merupakan konsep paling penting yang harus diperhatikan. Sisihkan dana tertentu, untuk kebutuhan masa depan ataupun kesehatan. Tidak harus besar namun tetap konstan.

  1. Berburu Diskon dan Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Berburu barang diskonan merupakan salah satu cara bijak untuk berhemat. Lihat kondisi produk dan alasan fungsional membeli barang, jangan lupa bandingkan harga barang yang hendak dibeli pada tempat lain.

BACA JUGA:  3 Keuntungan Aplikasi Keuangan Bagi Ibu Rumah Tangga

Kurangi juga penggunaan kartu kredit, dengan berbelanja sesuai kebutuhan dan kemampuan. Penggunaan yang berlebihan akan berdampak serius terhadap kondisi finansial rumah tangga Anda.

  1. Beli Proteksi Asuransi

Proteksi asuransi kesehatan jiwa dan kendaraan untuk Anda sekeluarga, akan menjaga kondisi keuangan rumah tangga. Sisihkan sejumlah anggaran untuk proteksi sehingga resiko yang mungkin terjadi dapat diminimalisir dengan mengatur keuangan.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan di dalam lingkup keluarga. Dengan tips mengatur keuangan keluarga, semua akan terpenuhi secara efektif.