cara mengelola keuangan UMKM

5 Cara Mengelola Keuangan UMKM Agar Cepat Berkembang

Jika ingin bisnis berkembang dengan baik, maka pastikan Anda tahu bagaimana cara mengelola keuangan UMKM dengan benar. Dengan mengelola keuangan secara bijak, bisnis kecil seperti UMKM sekalipun bisa berkembang pesat.

UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian negara sehingga perkembangannya harus didukung dengan maksimal. Ada banyak faktor yang bisa berpengaruh terdapat kesuksesan UMKM salah satunya adalah pengelolaan keuangan.

Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi mengelola keuangan UMKM tidak boleh sembarangan. Maka dari itu perlu tips dan cara yang tepat agar keuangan UMKM bisa dikelola dengan baik.

cara mengelola keuangan UMKM
cara mengelola keuangan UMKM

Tips dan Cara Mengelola Keuangan UMKM dengan Bijak

Untuk membuat UMKM bisa berkembang dengan lebih baik, Anda harus bijak dalam mengelola keuangan. Hal ini karena keuangan menjadi salah satu kunci utama dalam kesuksesan sebuah bisnis. Berikut ini beberapa tips dan cara mengelola keuangan untuk UMKM yang perlu Anda ketahui:

1. Atur Modal Usaha dengan Baik

Hal terpenting yang perlu diperhatikan saat membuka sebuah usaha adalah pastikan atur modal usaha dengan bijak. Ada baiknya Anda tidak menggunakan seluruh modal yang dimiliki secara sekaligus. Anda bisa menggunakan 50% modal terlebih dahulu di awal memulai usaha dan sisanya digunakan ketika bisnis sudah berjalan.

2. Pisahkan Uang Usaha dengan Uang Pribadi

Dalam cara mengelola keuangan UMKM, sangat penting untuk memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis. Jika Anda mendapatkan keuntungan dari bisnis, maka usahakan jangan langsung masukkan ke dalam rekening pribadi. Hal ini dikhawatirkan uang bisnis akan terpakai untuk kebutuhan pribadi yang tidak penting.

BACA JUGA:  3 Tips Cerdas Manajemen Keuangan yang Baik dan Benar

3. Buat Pembukuan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting untuk mencatat semua aktivitas usaha dengan perinci. Anda harus mencatat semua pemasukan dan pengeluaran usaha dengan baik untuk mengetahui arus keluar masuk uang yang nantinya berguna untuk mengetahui apakah bisnis menguntungkan atau tidak.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Jika dalam menjalankan bisnis Anda memiliki hutang atau tagihan, maka usahakan untuk membayarnya tepat waktu. Menunda-nunda pembayaran hanya akan membuat Anda lebih lama terlilit hutang bahkan bisa berakibat buruk kepada rekan bisnis.

5. Siapkan Dana Darurat

Menjalankan sebuah usaha tidak selamanya akan berjalan dengan lancar. Tidak menutup kemungkinan, bisnis akan mengalami masalah yang membuat pemasukan menjadi tidak stabil. Jika terjadi hal demikian, maka dana darurat adalah solusinya.

Mengelola UMKM agar bisa berkembang menjadi bisnis yang besar memang tidak mudah. Maka dari itu, diperlukan tips dan cara mengelola keuangan UMKM dengan bijak agar bisnis bisa berkembang sesuai harapan Anda.