cara menyiapkan dana pensiun

4 Cara Menyiapkan Dana Pensiun Secara Mandiri

Kebanyakan orang berpikir bahwa cara menyiapkan dana pensiun hanya dapat dilakukan oleh pegawai negeri. Padahal dana pensiun dapat disiapkan oleh siapa saja, bahkan secara mandiri.

Dengan teknik finansial yang tepat, kamu bisa mengumpulkan dana pensiun untuk jaminan di masa depan. Terutama saat Anda tidak lagi produktif untuk mencari nafkah, misalnya saat sudah tua atau sakit-sakitan.

Memiliki dana pensiun tentunya akan sangat membantu kondisi finansial. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkannya sejak dini. Untuk mengetahui caranya, simak penjelasan kami di bawah ini.

cara menyiapkan dana pensiun
cara menyiapkan dana pensiun

Cara Menyiapkan Dana Pensiun Secara Mandiri

Ada banyak alasan kenapa dana pensiun sangat penting untuk dipersiapkan. Misalnya saja untuk menghindarkan Anda dari kehidupan yang kurang mengenakkan saat sudah tua.

Selain itu dana pensiun juga bisa diwariskan kepada anggota keluarga ketika Anda sudah meninggal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyiapkan dana pensiun secara mandiri:

1. Tentukan Kapan Akan Pensiun

Secara umum, orang mulai pensiun ketika usianya 55 tahun. Tapi, tentu saja Anda bisa menentukan lebih cepat atau lebih lambat dari usia tersebut. Tergantung dari kondisi dan keinginan produktivitas.

2. Hitung Jumlah Uang untuk Pensiun

Cara menyiapkan dana pensiun berikutnya adalah tentukan jumlah uang yang ingin Anda miliki. Dalam menentukan jumlah uang, ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Misalnya saja kebutuhan perbulan, tagihan, biaya perawatan rumah dan kendaraan, hingga biaya kesehatan. Semuanya harus dipertimbangkan dengan matang.

3. Hitung Tabungan Rutin per Bulan

Jika sudah tahu kapan akan pensiun dan berapa jumlah uang yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tabungan rutin. Misalnya usia Anda saat ini adalah 30 tahun.

BACA JUGA:  3 Alasan Mengatur Keuangan Sangat Penting Dilakukan

Kemudian, untuk dana pensiun ingin mendapatkan 300 juta di usia 50 tahun. Perhitungan cara menyiapkan dana pensiun untuk tabungan rutinnya adalah:

300 juta : ((50-30)x12)) = 1,25 juta

Artinya untuk mendapatkan uang 300 juta saat masa pensiun, Anda perlu menabung 1,25 juta setiap bulannya.

4. Pilih Produk Keuangan

Terakhir adalah memilih produk keuangan yang cocok dan tepat. Anda bisa menabungnya secara konvensional kepada bank, tapi cara ini kurang efektif. Sebab, uang tersebut tidak diputarkan kembali.

Anda bisa memilih produk keuangan berupa deposito, saham, obligasi, atau reksa dana. Sebab, dengan menginvestasikannya uang akan terus bertambah.

Dengan memilik dana pensiun, masa tua Anda akan lebih terjamin. Oleh sebab itu, lakukan cara menyiapkan dana pensiun di atas untuk mengumpulkan dana pensiun secara mandiri.