mengelola uang anak kos

3 Tips Mengelola Uang Anak Kos yang Sangat Bermanfaat

Ada beberapa tips mengelola uang anak kos yang bisa Anda ketahui dari artikel ini. Khususnya Anda yang hingga sekarang masih tinggal di kamar kos. Dimana kos identik dengan tempat tinggal para mahasiswa, buruh, maupun pegawai kecil.

Anda menyewa kos karena harganya lebih murah dibanding mengontak sebuah rumah. Memang Anda tinggal sendirian di dalamnya, sehingga menyewa kamar kos sangat tepat.

mengelola uang anak kos
mengelola uang anak kos

Mengenal Tips Mengelola Uang Anak Kos

Kaitannya dengan keuangan, anak kos memang harus menghemat karena belum bisa mencari penghasilan utama yang besar. Terutama untuk para mahasiswa atau mahasiswi yang jauh dari tempat tinggal harus mau dan mampu mengelola keuangan. Lalu, apa saja tipsnya? Berikut informasi selengkapnya.

1.      Mencatat Semua Kebutuhan Sebulan

Inilah tips pertama mengelola uang anak kos. Utamakan kebutuhan pokok sehari-hari dulu, setelah itu barulah kebutuhan sekunder atau tersiernya. Catat semuanya dari yang terkecil hingga terbesar. Setelah itu, berilah nominal pada tiap kebutuhan tersebut.

Sekali lagi, prioritaskan untuk kebutuhan pokok dulu, seperti makan, minum, membayar sewa kos bulanan, transportasi, pulsa atau kuota internet, dan yang lainnya. Semua itu harus dimasukkan ke dalam anggaran pokok bulanan karena sangat penting.

2.      Sesuaikan dengan Uang yang Dimiliki

Sebagai contoh, Anda sebagai mahasiswa mendapatkan jatah Rp 2 juta sebulan dari orang tua. Oleh karenanya, silahkan menyesuaikan nominal semua kebutuhan pokok yang sudah dicatat tadi dengan uang bulanan. Jika masih ada sisa, barulah Anda masukkan kebutuhan sekunder atau tersiernya. Namun, jangan sampai digunakan semua.

3.      Harus Ada Sisa Uang

Tips mengelola uang anak kos yang satu ini memang benar. Harus ada sisa uang dari seluruh jatah bulanan dari orang tua. Uang sisa tersebut bisa digunakan untuk biaya yang sifatnya emergency atau darurat, seperti pengobatan sakit, servis motor, atau yang lainnya.

BACA JUGA:  4 Cara Menyiapkan Dana Pensiun Secara Mandiri

Maka dari itu, Anda harus bisa semaksimal mungkin mengurangi beban biaya untuk kebutuhan bulanan. Terutama untuk kebutuhan sekunder maupun tersier yang tidak begitu penting dan krusial.

Beberapa tips diatas semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian para mahasiswa yang masih tinggal di kos-kosan. Dimana cara mengelola uang anak kos harus dipraktikkan agar semua kebutuhan terutama yang pokok bisa tercover sempurna.