Hari Raya Idul Adha

Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hari Besar Umat Islam Sedunia

Mungkin hampir semua umat muslim yang ada didunia ini mengerti tentang arti dari Idul Adha, namun tidak semua mengetahui makna sesungguhnya dari Idul Adha itu sendiri.

Artian dari Kata Idul Adha sendiri adalah Hari Raya Haji yang bertepatan pada tanggal 10 Dzul Hijjah, dimana pada tanggal tersebut semua umat muslim dilarang untuk menunaikan ibadah puasa.

Sementara itu terdapat artian lain dari kata Idul Adha sendiri, yaitu Hari Raya Qurban, dimana dalam kegiatan ini kita bisa mengingat peristiwa yang terjadi pada Nabi Ibrahim AS.

Sejarah Hari Raya Idul Adha

Sejarah Adanya Hewan Qurban di hari Idul Adha

Di saat Nabi Ibrahim di karuniai seorang anak yang nantinya akan menjadi nabi dan rasul, turunlah perintah dari allah yang nantinya akan menjadi awal mula terjadinya Hari Raya Qurban.

Perintah tersebut yaitu Nabi Ibrahim diperintahkan untuk mengorbankan anak kesayangannya yaitu nabi Ismail untuk disembelih.

Perintah tersebut Nabi Ibrahim dapatkan melalui mimpi yang berulang kali beliau dapatkan, dan pada akhirnya beliau mengatakan yang sebenarnya kepada anaknya bahwa ia mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya.

Itu merupakan cobaan yang paling berat bagi Nabi Ibrahim AS, kendati demikian dengan ketaan dan kesabaran yang tinggi Nabi Ibrahim tetap melaksanakan perintah dari Allah tersebut dengan ikhlas.

Sementara itu di saat Nabi Ibrahim mempersiapkan diri untuk melaksanakan perintah Allah SWT, datanglah berbagai godaan yang dilakukan oleh para iblis dan setan untuk menggagalkan perintah tersebut.

Namun dengan keimanan yang kuat godaan yang dating silih berganti tidak menggoyahkan niat Nabi Ibrahim untuk melaksanakan Perintah Allah SWT.

Hari dimana perintah Allah SWT itu di laksanakan oleh Nabi Ibrahim AS, turunlah mukjizat untuk beliau dimana pisau yang di gunakan untuk menyembelih Nabi Ismail AS tidak mempan sama sekali di leher Nabi Ismail AS.

BACA JUGA:  Berikut Ini Penjelasan Hukum Sholat Idul Adha, Simak Selengkapnya!!!

Atas kehendak sang pencipta Nabi Ismail AS yang tadinya di korbankan untuk di sembelih akhirnya di gantikan dengan domba yang gemuk.

Setelah terjadinya kejadian tersebut Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk memberikan atau mensedekahkan daging qurban tersebut kepada para tetangganya yang membutuhkan.

Dengan demikian anda bisa mengetahui sejarah adanya hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha, Selain Itu Jika anda ingin lebih memahami tentang berqurban anda bisa menginstall aplikasi Panduan Qurban melalui Google Playstore.

Aplikasi Panduan Qurban

Penetapan Hari Raya Idul Adha

Penempatan hari raya Idul Adha dilakukan di saat pelaksanaan ibadah haji berlangsung. Inti dari pelaksanan ibadah haji adalah pelaksaan wukuf di arafah.

Sementara pelaksanan wukuf terjadi pada tanggal 9 Dzul Hijjah sampai dengan tanggal 10 Dzul Hijjah.

Disisi lain dilaksanakannya ibadah haji harus didasari oleh hasil ruqyah hilal pada tanggal 1 Dzul Hijjah agar bisa di tetapkan hari dimana dimulainya wukuf.

Ibadah Wukuf

Itulah beberapa ilasa dari kamu mengenai pengertian dari Idul Adha sendiri, semoga dengan adanya article ini bisa menambahkan wawasan anda tentang sejarah islam.