aplikasi desain grafis

6 Aplikasi Desain Grafis yang Wajib Dimiliki Mahasiswa DKV

Jika Anda mahasiswa baru jurusan DKV, pastikan siapkan aplikasi desain grafis dasar yang sangat sering digunakan pada jurusan ini. Tanpa adanya aplikasi ini, bisa dipastikan proses belajar Anda terhambat.

Desain komunikasi visual (DKV) merupakan salah satu jurusan akademik yang tidak lepas dari desain grafis. Oleh sebab itu, setiap mahasiswanya harus memiliki pemikiran kreatif dan kemampuan desain yang baik.

Dalam proses desainnya, mahasiswa memerlukan berbagai aplikasi untuk merealisasikan desainnya. Dari banyaknya aplikasi tersebut, kami sudah merangkum aplikasi dasar yang wajib dimiliki oleh mahasiswa DKV.

aplikasi desain grafis
aplikasi desain grafis

Aplikasi Desain Grafis Dasar untuk Mahasiswa DKV

Aplikasi atau software menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari mahasiswa DKV dalam proses belajarnya. Mulai dari untuk membuat sketsa, memberikan warna, hingga memberikan berbagai efek lainnya.

Sebenarnya aplikasi untuk mendesain saat ini sudah sangat banyak. Hanya saja ada aplikasi basic yang harus dimiliki dan dikuasai terlebih dahulu oleh mahasiswa DKV. Di antaranya adalah:

  1. Adobe Photoshop memiliki berbagai fungsi dasar dalam melakukan desain. Aplikasi ini berguna untuk melakukan digital imaging, re-touch, color grading, dan manipulasi foto.
  2. Adobe Ilustrator atau CorelDraw merupakan aplikasi desain grafis yang sering digunakan untuk membuat desain media. Misalnya saja ikon, tipografi, dan vector.
  3. Adobe InDesign merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk desain dalam pembuatan buku atau majalah. Sebab, fungsi utamanya adalah untuk layouting halaman berjumlah banyak.
  4. Adobe After Effect merupakan aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat animasi motion graphic. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk post processing video, color grading, dan visual effect.
  5. Blender atau Autodesk Maya menjadi aplikasi desain grafis yang paling sering digunakan untuk membuat animasi atau media 3D. Hasil dari aplikasi ini sangat baik dan juga tersedia gratis.
  6. Adobe Flash atau Animate adalah aplikasi yang sering digunakan dalam pembuatan animasi atau media interaktif 2D.
BACA JUGA:  5 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis untuk Pemula

Selain aplikasi dasar di atas, Anda juga memerlukan beberapa aplikasi penunjang. Seperti halnya Adobe Lightroom, Adobe Audition, Figma, Adobe XD, Krita, dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA:  Ingin Menggunakan Jasa Desain Grafis? Ini 3 Tipsnya

Untuk membuat desain secara digital di jurusan DKV, tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan menggambar manual. Anda memerlukan aplikasi desain grafis yang paling dasar sebagai mahasiswa DKV.