tips belajar desain grafis

4 Tips Belajar Desain Grafis Bagi Pemula Dijamin Berhasil

Sebagai pemula tanpa mendapatkan ilmu dari pendidikan formal perlu mengetahui tips belajar desain grafis agar bisa menghasilkan karya yang memukau.

Desain grafis sendiri merupakan komunikasi berbasis elemen visual seperti bentuk, tulisan hingga gambar untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

Sebelum mempelajari tips bagaimana belajar desain grafis, harus tau beberapa hal dasarnya terlebih dahulu. Pertama adalah memahami dasar-dasar design seperti simbol, warna, tipografi, hingga grid system.

Kedua yaitu menentukan gaya dalam design karena ini akan mempengaruhi seorang desainer. Walaupun ada yang dapat membuat beberapa design namun kebanyakan ketika menekuni hanya pada satu saja akan lebih piawai.

tips belajar desain grafis
tips belajar desain grafis

Beberapa Tips Belajar Desain Grafis

Berikut beberapa tips bagaimana belajar desain grafis bagi pemula yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Belajar dari Sekitar

Tips belajar desain grafis pertama yaitu mempelajari dari sekitar karena inspirasi biasa ada di sekeliling mereka. Teori ini akan membentuk seorang desainer untuk membuat design condong pada gaya tertentu.

BACA JUGA:  6 Aplikasi Desain Grafis yang Wajib Dimiliki Mahasiswa DKV

Mencari inspirasi memang cenderung sulit apalagi jika lingkungan sekitar jarang yang menyukai seni. Maka sebagai solusi dapat mencari inspirasi melalui desainer di media sosial.

2. Mengumpulkan Desain yang Menginspirasi

Selanjutnya adalah mengumpulkan design yang menginspirasi. Anda dapat mengumpulkan dari berbagai sumber, mulai dari Pinterest hingga Behance. Dengan melakukan tips ini secara tidak langsung dapat menginspirasi design yang Anda buat di masa depan.

3. Membedah Proses Desain

Tips belajar desain grafis selanjutnya adalah membedah proses design. Karena dalam proses desain Anda akan belajar menggabungkan garis serta bentuk untuk membuat sesuatu.

Menganalisis proses dari suatu karya akan memungkinkan Anda memahami langkah-langkah pembuatan. Terus bedah setiap karya agar kreativitas Anda terus bekerja.

4. Membuat Ulang Melalui Desain Inspirasi

Tips belajar desain terakhir yaitu membuat ulang. Sebagai percobaan Anda dapat membuat ulang desain orang lain hingga bisa mirip.

Namun perlu diingat bahwa karya yang Anda tiru memiliki hak cipta. Maka dalam konteks ini yang Anda lakukan hanya untuk berlatih. Tidak boleh menyebarkan dan mengklaim sebagai karya Anda.

BACA JUGA:  Fitur Adobe Premiere Pro, Software Edit Video Terbaik Laptop

Selain itu jangan pernah menolak untuk menerima kritik dan saran karena itu akan sangat membantu. Belajar seni tidak harus melalui pendidikan formal, Anda dapat berhasil hanya dengan tips belajar desain grafis asal tekun dalam melakukannya.