Cara Download Aplikasi di iPhone

Cara Download Aplikasi di iPhone Terbaru Untuk Pemula

Ingin tahu tutorial Cara Download Aplikasi di iPhone untuk Pemula ? Kali ini kita akan mengulas bagaimana cara download aplikasi di iPhone, simak disini sampai selesai.

Tutorial Cara Download Aplikasi di iPhone

Cara Download Aplikasi di iPhone

iPhone merupakan salah satu smartphone yang banyak digunakan saat ini. Bagi pengguna baru, ada baiknya mengetahui cara download aplikasi di iPhone terlebih dahulu.

Cara download aplikasi di iPhone sangat penting bagi pengguna pemula. Karena di ponsel Anda hanya dapat menginstal aplikasi dari App Store.

iPhone adalah smartphone buatan Apple. Berbeda dengan ponsel berbasis Android, ponsel ini menggunakan sistem operasi bernama iPhone Operating System (iOS).

Dapat dikatakan bahwa iPhone dan iOS adalah produk eksklusif dari raksasa teknologi tersebut. Oleh karena itu, pengguna tidak dapat menginstal aplikasi apa pun di ponsel ini.

Padahal, cara download aplikasi di iPhone sangat sederhana. Pengguna cukup membuka App Store untuk menemukan aplikasi yang ingin mereka instal.

Meski begitu, untuk pengguna pemula cukup sulit. Apalagi jika sebelumnya Anda sering menggunakan ponsel Android. Bagaimana cara mengunduh aplikasi di iPhone? Berikut ringkasannya.

Seputar Sistem iOS dan App Store

Cara Download Aplikasi di iPhone

Sebelum menangani pengunduhan aplikasi di iPhone, pertama-tama perlu diketahui sistem operasi yang digunakan di ponsel.

Pada dasarnya, semua produk yang dikeluarkan oleh Apple menggunakan sistem operasinya sendiri. Untuk ponsel iPhone, kami mengenalnya sebagai iOS.

Peran iOS adalah untuk mendukung kinerja perangkat seluler besutan Apple. Secara umum, pengoperasian iOS tidak jauh berbeda dengan sistem operasi Android. iOS adalah sistem yang dikembangkan oleh Apple sendiri.

Selain di iPhone, sistem operasi ini juga digunakan di iPad. Karena iOS dirancang untuk perangkat seperti iPhone dan iPad, dapat dipastikan bahwa semua aplikasi di dalamnya harus berasal atau tersedia di App Store.

Oleh karena itu, Anda tidak dapat menginstal aplikasi selain perangkat lunak. Singkatnya, App Store adalah platform yang menyediakan aplikasi untuk iPhone.

Anda bisa mendownload berbagai aplikasi seperti pemutar lagu, e-commerce, game dan masih banyak lagi.

Meskipun ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store yang dapat Anda instal, ada juga yang berbayar.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengunduh aplikasi di iPhone. Penjelasannya ada di bawah ini.

Langkah dan Cara Download Aplikasi di iPhone

Cara Download Aplikasi di iPhone

Melalui App Store, Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi yang diperlukan. Namun, bagaimana cara mengunduh aplikasi iPhone secara gratis?

Tips yang bisa Anda lakukan untuk mendownloadnya yaitu pastikan aplikasi tidak bertanda “Harga”.

Sementara itu, dilansir dari Apple Support, terkait cara download aplikasi di iPhone untuk pemula, berikut penjelasannya:

  • Pertama buka kunci layar iPhone atau iPad Anda.
  • Kemudian buka platform App Store di iPhone.
  • Kemudian jelajahi tab ‘Hari Ini’, ‘Aplikasi’, ‘Game’ atau ‘Arkade’ untuk menemukan aplikasi yang Anda sukai.
  • Selain cara ini, Anda juga bisa mengetikkan nama aplikasi di kotak pencarian.
  • Setelah Anda menemukan aplikasinya, ketuk “Berlangganan” untuk mengunduh dan menginstalnya di iPhone Anda.
  • Sedangkan untuk aplikasi gratis atau tanpa langganan, Anda bisa tap opsi “Get” atau “Dapatkan”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses download dan instalasi selesai.

Cara Download Aplikasi di iPhone

Anda perlu mengetahui cara download aplikasi di iPhone, pastikan Anda melihat opsi yang muncul saat mendownload aplikasi melalui App Store.

Menurut Dukungan Apple, saat Anda membuka App Store, Anda akan melihat aplikasi yang menampilkan tombol “Dapatkan”, bukan “Harga”, yang berarti aplikasi tersebut gratis untuk diunduh.

Sederhananya, aplikasi gratis di app store ini gratis saat Anda ingin menginstalnya. Namun, ada sejumlah aplikasi gratis yang masih menawarkan pembelian “dalam aplikasi” serta langganan berbayar.

Ingatlah bahwa aplikasi yang menyertakan opsi langganan dan pembelian dalam aplikasi tetap dapat digunakan secara gratis. Namun, jika Anda membelinya, aplikasi akan memberi Anda akses ke lebih banyak fitur, konten, dan lainnya.

Cara Menemukan Aplikasi di App Store

Cara Download Aplikasi di iPhone

Mengutip Businessinsider, ada beberapa trik dan cara download aplikasi di iPhone yang bisa Anda lakukan.

Misalnya, ketika Anda membuka App Store, Anda dapat mencari atau mencari aplikasi yang ingin Anda instal. Kemudian gunakan tab di bagian bawah layar, seperti Game & aplikasi, atau Cari untuk menemukan aplikasi tersebut.

Untuk melihat koleksi aplikasi gratis, ketuk “Aplikasi”, lalu gulir ke bawah ke bagian Aplikasi Gratis dan ketuk “Lihat Semua”. Di bagian ini, Anda dapat langsung mengunduh aplikasi gratis.

Jika Anda telah membeli atau menginstal aplikasi di iPhone Anda tetapi tidak tahu cara menampilkannya di menu layar Utama, pertimbangkan penjelasan berikut:

  • Buka kunci layar iPhone Anda.
  • Setelah itu, dari layar beranda, geser ke kiri hingga Anda melihat pustaka aplikasi atau aplikasi.
  • Aplikasi yang telah Anda instal biasanya akan diurutkan secara otomatis ke dalam kategori.
  • Misalnya, Anda dapat melihat aplikasi jejaring sosial di kategori Sosial.
  • Saat Anda memasang aplikasi baru di iPhone, aplikasi tersebut biasanya ditambahkan ke perpustakaan aplikasi. Namun, Anda juga dapat mengubah lokasi pengunduhan aplikasi.

Demikian pembahasan mengenai cara download aplikasi di iPhone untuk pemula. Dengan mengikuti tutorial di atas, kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi secara gratis maupun berbayar melalui App Store.