cara membuat akun google play console

Cara Membuat Akun Google Play Console

Hallo teman-teman, pada artikel kali ini kami ingin memberikan tips tentang bagaimana cara membuat akun Google Play Console.

Pada proses pembuatannya, terdapat dua tahap yang harus kalian lewati. Pertama tahap pendaftaran dan kedua, tahap verifikasi identitas.

Perlu diingat bahwa untuk memperoleh akun Google Play Console itu tidaklah gratis, kalian harus membayarnya senilai 25 US Dollar agar dapat terdaftar menjadi member Google Play Console.

Namun sebelum beranjak ke pembahasan inti, alangkah baiknya kita bahas dulu terkait apa si yang dimaksud dengan google play console ini ?

Apa itu Google Play Console?

buat akun google play console

Google Play Console adalah sebutan akun khusus developer dalam mempublikasikan aplikasi Android.

Google Play merupakan satu-satunya platform aplikasi Android terbesar untuk saat ini. Dengan akun Google Play Console, kalian bisa berkesempatan untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Di platform Google Play ini juga kalian dapat berjualan aplikasi ataupun game.

Namun pertanyaannya, bagaimana kita bisa berjualan melalui playstore console ini, sedangkan kita belum tahu langkah-langkah basicnya seperti pendaftara, atau buat akunnya.

Baik, untuk itu kami disini akan menjelaskan secara bertahap, pertama mari bahas tentang cara membuat akun Google Play Console

Cara Membuat Akun Google Play Console

Tanpa basa basi, Yuk mari simak penjelasan ini sampai habis. Kami jamin ini akan bermanfaat bagi kalian dalam urusan pendaftaran akun google playstore console ini.

Oke, Berikut ini adalah tata cara membuat akun Google Play Console, yang bisa kalian praktikan:

  1. Buka browser, dan kunjungi play.google.com kemudian kalian login Google Account. Masukan username dan password email yang ingin kalian daftarkan.
  2. Setelah kalian berhasil masuk, kalian akan diarahkan ke halaman seperti berikut ini:

buat akun google play console

Lihat pada bagian yang kami berikan tanda berwarna hijau, checkbox tersebut wajib kalian centang. Dengan kalian centang checkbox tersebut artinya kalian menyetujui persyaratan dan kebijakan yang ada di Google Play Console. Setelah itu kalian tekan tombol “Lanjutkan Pembayaran”.

  1. Selanjutnya kalian akan ditampilkan form pembayaran seperti berikut:
BACA JUGA:  Pembahasan Lengkap Seputar Playstore Console

Silahkan kalian masukkan 16 digit nomor kartu kredit, lengkap dengan bulan dan tahun expired serta 3 digit CVC di belakang kartu kredit kalian.

Setelah itu masukkan Nama pemilik kartu kredit, Alamat penagihan sesuai dengan data identitas kalian. Semua data yang kalian masukan harus sesuai dan benar.

Setelah isi form pembayaran selesai, klik tombol “Beli”. Jika proses pembayaran sukses, akan muncul alert atau notifikasi untuk memverifikasi akun, untuk caranya seperti berikut

Cara Verifikasi Akun Google Play Console

Uraian Cara Membuat akun Google Play Console yang terakhir adalah Kalian akan di minta Google untuk melakukan verifikasi identitas diri dan kalian disini wajib memasukan foto KTP, SIM atau PASPOR. Untuk  caranya ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Klik link “Verifikasi Id” pada email yang muncul di akun Google Play Console Anda.
  2. Kemudian Akan tersedia form untuk upload foto identitas KTP, SIM dan PASPOR
  3. ketika proses upload selesai, klik ikon “Submit” untuk mengirimnya ke Google. Bila proses submit sudah berhasil maka akan tampil sebuah notif dan klik “Ok